top of page

Gunung Kelud

Updated: Dec 10, 2019

Wisata Gunung Kelud menata diri pasca erupsi 2014. Selain panorama alam yang menawan, gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Kediri dan Blitar itu menawarkan berbagai atraksi dan spot wisata di sekitarnya.


Wisata Gunung Kelud dibagi menjadi tiga zona. Zona Sirkuit Kelud, Zona Agrowisata Margomulyo, dan Zona Produksi. Setiap zona memiliki atraksi yang berbeda.

Zona Sirkuit Kelud menawarkan konsep pelancongan sporty, seperti off-road dan pendakian. Di area ini, turis bisa menyaksikan keindahan kawah Gunung Kelud di antara Puncak Gajah Mungkur, Puncak Kelud, dan Puncak Sumbing.

Sedangkan Zona Agrowisata Margomulyo menawarkan konsep wisata yang lebih santai. Zona ini menyajikan pemandangan berupa hamparan taman bunga yang bersanding dengan tanaman lain. Ada 60 jenis bunga dan lima jenis tanaman buah yang tumbuh di zona ini.

Adapun zona produksi merupakan wilayah yang digunakan untuk sentra kuliner dan oleh-oleh. Bisa juga disebut kawasan belanja. Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah akan memajang produknya di zona ini.


Lokasi Wisata Gunung Kelud

Wisata Gunung Kelud adalah sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Timur. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang.

Lokasinya kira-kira 35 km sebelah timur pusat Kota Kediri dan 25 km sebelah utara pusat Kota Blitar.


Rute Menuju Gunung Kelud

Jam Buka Wisata Gunung Kelud

Wisata Gunung kelud terdiri dari banyak objek wisata. Mungkin pada beberapa objek ada jam buka tertentunya. Namun secara keseluruhan, wisata Gunung Kelud terbuka 24 jam, 7 hari dalam sepekan.


Tiket Wisata Gunung Kelud


Tiket wisata gunung kelud terbilang murah. Pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 saja.


Untuk parkir kendaraan bermotor dikenakan tarif normal seperti di kota.


Fasilitas Wisata Gunung Kelud

Dalam perjalan menuju puncak, pengunjung akan mendapati beberapa kedai warga yang menjual makan dan minuman. Jangan takut kekurangan perbekalan jika berada di sini.

Fasilitas di sekitarnya pun sangat lengkap, seperti musholla, kamar mandi, dan beberapa pendopo. Semuanya dibangun atas inisatif pihak pengelola wisata Gunung Kelud.



4 views0 comments

Recent Posts

See All

コメント


  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
bottom of page